Internet marketing Indonesia

Standard
Internet Marketing

Internet Marketing

Internet marketing, atau disebut juga sebagai web marketing, online marketing, Search Engine Marketing (SEM) atau e-Marketing, adalah pemasaran produk atau jasa melalui media internet.

Internet telah menjebatani khalayak global. Internet marketing yang bersifat interaktif memberikan respon cepat dan tanggapan yang cepat pula. Internet marketing dianggap memiliki lingkup yang lebih luas karena tidak hanya merujuk ke Internet, e-mail, dan media nirkabel, tetapi meliputi pengelolaan data pelanggan digital dan customer relationship management elektronik (eCRM) sistem.

Internet marketing mengikat aspek kreatif dan aspek teknis Internet, termasuk: desain, pengembangan, periklanan, dan penjualan.

Internet marketing di indonesia juga mengacu pada penempatan media bersama berbagai tahapan dari siklus keterlibatan pelanggan melalui pemasaran mesin pencari (SEM), search engine optimasi (SEO), banner iklan di situs web tertentu, pemasaran melalui e-mail, dan Web 2.0 strategi.

Internet Marketing di Indonesia

Di Indonesia, internet marketing belum terlalu diperhatikan, hal ini disebabkan antara lain, belum banyaknya toko online di Indonesia. Para pemilik toko belum menemukan cara yang tepat ntuk memasarkan produknya melalui internet, sedangkan para pembeli, mengalami kesulitan penjual yang benar-benar dapat dipercaya.

Padahal marketing di internet dapat menjadi solusi paling tepat di Indonesia atas dasar geografis Indonesia yang luas dan terpisah-pisah oleh pulau.

Model Bisnis

Pemasaran internet di Indonesia dikaitkan dengan beberapa model bisnis:

  1. E-commerce – dimana barang dijual langsung ke konsumen (B2C) atau bisnis lainnya (B2B)
  2. Pemasaran dengan sistem afiliasi – ini adalah proses di mana suatu produk atau layanan yang dibuat atau dikembangkan oleh seseorang, dijual oleh penjual lainnya untuk sebuat profit sharing. Pemilik produk biasanya memberikan beberapa materi pemasaran (surat penjualan, link afiliasi, fasilitas tracking atau pelacakan afiliasi).
  3. Internet marketing lokal – ini adalah proses sebuah perusahaan berbasis lokal tradisional memanfaatkan internet untuk menemukan dan memelihara hubungan, kemudian untuk melanjutkan hubungan secara offline.
  4. Pemasaran blackhat – ini adalah bentuk pemasaran internet yang menggunakan tipuan, tidak menggunakan metode yang benar untuk mengarahkan lalu lintas web ke situs web sendiri atau menawarkan sebuah afiliasi. Metode ini termasuk diantaranya spam, cloaking dalam halamanmesin pencari, atau routing pengguna ke halaman tidak mereka minta awalnya.

Ada banyak model bisnis lain berdasarkan kebutuhan khusus dari setiap orang atau usaha.

Keuntungan dari Internet Marketing

Internet marketing relatif murah jika dibandingkan dengan rasio biaya terhadap jangkauan target pembeli. Perusahaan dapat menjangkau khalayak yang luas dengan sebagian kecil dari anggaran periklanan biasa. Media ini memungkinkan konsumen untuk melakukan penelitian dan pembelian atas produk dan jasa dengan nyaman.

Internet marketer juga memiliki keuntungan dari pengukuran statistik yang dapat dilihat dengan mudah dan murah. Hampir semua aspek pemasaran Internet dapat ditelusuri, diukur, dan diuji. Para pengiklan dapat menggunakan berbagai metode: bayar per tayang, membayar per klik. Oleh karena itu, pemasar dapat menentukan pesan atau persembahan yang lebih menarik bagi pengguna. Hasil kampanye dapat diukur dan dilacak segera karena biasanya pemasaran online mengharuskan pengguna untuk mengklik iklan, kunjungi situs web, dan melakukan tindakan yang ditargetkan. pengukuran seperti itu tidak bisa dicapai melalui iklan billboard.

Keterbatasan

Terdapat beberapa keterbatasan dalam internet marketing, khusunya internet marketing di Indonesia. Internet marketing mengharuskan pengguna untuk manggunakan teknologi baru, bukan teknologi tradisional. Koneksi internet juga dapat menjadi kendala, terutama di Indonesia, dimana akses internet merupakan barang yang sangat mahal, sehingga kecepatan koneksi yang didapat juga sedikit.

Di sisi pembeli, ketidak mampuan pembeli untuk meraba, membau, melihat dengan seksama barang yang ingin dibeli, dapat menjadi kendala dalam internet marketing.

Pengetahuan calon pembeli yang kurang, dapat mengakibatkan rentannya pembeli terkena penipuan (fraud). Dan dapat menyebabkan cerminan buruk terhadap internet marketing secara keseluruhan.

59 thoughts on “Internet marketing Indonesia

  1. Internet marketing memang cenderung murah, tetapi juga yang murah tidak selalu berkualitas dan mengangkat brand image..
    contohnya kalau memasarkan produk minuman eksklusif dengan segmen/target masyarakat kelas menengah ke atas tentu cara pemasarannya tidak memakai yang murahan seperti misalnya spamming email, atau memasukkannya ke situs iklan baris tak bermutu.. kalau PPC kurasa sih, bisa juga, tapi PPC yang bagaimana dulu? Kalau adwords bolehlaaahh..
    :cool:

  2. Setuju dengan komentar Softaza… Demi mencari keuntungan semata, fair play dalam berdagang dikesampingkan. Padahal jika kita kelola Website dengan baik, pasti akan mendapatkan hasil yang optimal.. Intenet Marketing memang sudah menjadi solusi terbaik dan akan lebih banyak dipakai untuk masa mendatang..

  3. gila nih website parah euy… baru gue jatuh cinta sama jquery ajaq… eh indra buat contoh yang bgs di web ini… nice dra…. gw juga lagi tempuh ilmu nih di jquery dan ajax.. mumpung blm telat… ty bro salam kenal

  4. internet marketing di indonesia saat ini agak susah untuk berkmbang, salahsatunya karena susahnya nyari penjual yg dpt dipercaya.. lht az iklan2 diinternet, apa mungkin orng bisa kaya hanya beli atau gabung di perusahaan ttntu..? banyk yg ga masuk akal.. tp malah diikalin..? benar ga sob..? pdhl kl jujur ini akan membuka jalan baru untuk maju..!?

  5. kapteng

    yg diperlukan dalam marketing internet atau pun ads adalah trust.
    bgmana kita memberikan info yg valid, terpercaya, dan legal.
    bukan karena godaan “uang” kita bisa memberikan ads seenaknya tanpa melihat legalitas dan validitasnya.
    saya yakin selama kita masih punya komitmen dgn legalitas, validitas, dan kualitas di dalam marketing, internet marketing kita akan semakin maju.

  6. Terus terang saya lebih senang untuk belanja secara online seperti membeli buku, kita bisa membandingkan harga antara toko online yang ada dan lebih simpel

  7. Di Indonesia mungkin boleh dikatan belum percaya sepenuhnya buat berjualan di Internet, menginggat ada saja oknum oknum yang kurang bertanggung jawab yang mungkin membuat citra internet menjagi memburuk.. mungkin itu permasalahnya ya..

  8. Terus terang saya lebih senang untuk belanja secara online seperti membeli buku, kita bisa membandingkan harga antara toko online yang ada dan lebih simpel))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>